Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Terhadap Minat Membeli Sepeda Motor Yamaha Vixion Di Kota Kebumen
Abstract
Adanya perkembangan bisnis sepeda motor yang begitu marak
dalam beberapa tahun belakangan ini membuat perusahaan yang
memproduksi sepeda motor, selalu melakukan berbagai inovasi dengan tujuan
untuk meningkatkan daya tarik ataupun minat konsumen membeli produk
yang ditawarkan. Inovasi yang dikembangkan perusahaan antara lain masalah
body sepeda motor, ketahanan kendaraan, pemakaian bahan bakar, dan
sebagainya. Untuk itu Yamaha salah satu produsen sepeda motor terkemuka
di Indonesia berusaha memuaskan dan memenuhi permintaan pasar segmen
motor sport dengan memproduksi sepeda motor Yamaha V-Ixion.
Dalam penelitian skripsi ini, penulis meneliti tentang sikap dan
norma subyektif terhadap minat membeli produk sepeda motor Yamaha VIxion.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden
yaitu para pengguna sepeda Motor Yamaha V-Ixion di Kota Kebumen dengan
menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak
100 responden. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Menganalisis
pengaruh sikap dan norma subyektif secara parsial terhadap minat konsumen
untuk membeli sepeda motor Yamaha V-Ixion , (2) Menganalisis pengaruh
sikap dan norma subyektif secara simultan terhadap minat konsumen untuk
membeli sepeda motor Yamaha V-Ixion (3) Untuk mengetahui variabel yang
paling dominan dalam mempengaruhi minat konsumen untuk membeli sepeda
motor Yamaha V-Ixion. Sedangkan analisis data dilakukan dengan
menggunakan regresi linier berganda, uji R2, uji F dan uji t.
Dari hasil analisis data tersebut, diketahui bahwa a) sikap dan
norma subyektif secara individual (parsial) berpengaruh positif terhadap
minat membeli sepeda motor Yamaha V-Ixion, b) sikap dan norma subyektif
secara serempak (simultan) berpengaruh positif terhadap minat membeli
sepeda motor Yamaha V-Ixion, dan c) norma subyektif lebih dominan
pengaruhnya terhadap minat membeli sepeda motor Yamaha V-Ixion.
Kata kunci: sikap, norma subyektif, minat membeli
Collections
- Management [4548]