Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Product Feature, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Laptop ASUS di Bantul, Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Product Feature, dan Harga
Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Laptop ASUS di Bantul, Yogyakarta
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk, product
feature, dan harga serta untuk mencari variabel yang paling kuat berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan metode statistik. Hal ini
bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat, sehingga dapat dicari solusi yang
tepat. Metode deskriptif dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner,
selanjutnya kuesioner diolah menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS.
Populasi yang diteliti adalah pengguna atau yang pernah menggunakan laptop ASUS di
kabupaten Bantul Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 96 orang. Metode
statistik yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji F, uji t parsial, uji
koefisien determinasi ganda, dan uji determinasi koefisien parsial.
Hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 27,811 dan probabilitas (Sig-F) sebesar 0,000<0,05,
maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara
bersama-sama atribut produk yang terdiri dari kualitas produk, product feature, dan
harga terhadap kepuasan pada produk laptop ASUS. Sedangkan koefisien korelasi
berganda (R) menunjukkan keeratan hubungan antara variabel bebas dengan variabel
terikat. Hasil koefisien korelasi berganda sebesar 0,688. Nilai ini cenderung mendekati
angka 1 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara atribut
produk (kualitas produk, product feature, dan harga) dengan kepuasan konsumen.
koefisien determinasi parsial terbesar ditunjukkan oleh variabel harga sebesar 21.1%.
Hasil ini berarti untuk variabel harga mempunyai pengaruh dominan terhadap
Kepuasan. Dengan demikian harga merupakan faktor dominan dalam memperngaruhi
konsumen untuk memakai laptop ASUS
Kata Kunci: Kualitas produk, Product Feature, Harga, Kepuasan
Collections
- Management [4660]