Analisis Motivasi Konsumen Dalam Pembelian Produk di Distro Slackers Kota Jogja
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Motivasi Konsumen Dalam Pembelian Produk di
Distro Slackers Kota Jogja, yang menjadi objek penelitian adalah mahasiswa s1 dan
siswa SMA yang menjadi konsumen di Distro Slackers Jogja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam membeli
produk di Distro Slackers, untuk mengetehui perbedaan motivasi konsumen Distro
Slackers, dan untuk mengetahui motivasi apa yang paling dominan dalam membeli
produk di Distro Slackers Jogja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer yang bersumber dari kuisioner yang dibagikan kepada para konsumen distro
Slackers yang masih menjadi mahasiswa s1 dan pelajar SMA, sampel yang digunakan
dalam penelitian ini berjumlah 96 responden.
Metode pengolahan data adalah dengan analisis deskriptif dan analisis statistik.
Hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat, sehingga dapat dicari
solusi yang tepat. Metode deskriptif dilakukan dengan menggunakan instrumen
kuisioner, selanjutnya kuisioner diolah menggunakan komputer melalui program
SPSS. Sedangkan metode statistik dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square,
dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji Chi Square dari
beberapa atribut yaitu, harga, kualitas produk, ketersediaan barang kenyamanan,
merek, desain terdapat perbedaan yang signifikan pada karakteristik jenis kelamin
yaitu pada atribut ketersediaan barang dengan probabilitas sebesar 0,039 < 0,05, atribut
merek dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, dan atribut desain dengan probabilitas
sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan pada karakteristik uang saku tidak ada perbedaan
yang signifikan. Dengan melihat hasil X2 hitung maka dapat diambil kesimpulan
bahwa yang menjadi atribut paling dominan yang memotivasi konsumen dalam
membeli produk di distro Slackers adalah atribut merek dengan X2 hitung 39.656, hasil
ini berarti merek di distro Slackers merupakan merek yang paling memotivasi
konsumen untuk melakukan pembelian yang sama.
Collections
- Management [4703]