Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus Pada Shampo Clear)
Abstract
Penelitian yang berjudul Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen
Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus Pada Shampo Clear) bertujuan untuk
mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap Shampo Clear serta untuk
mengetahui hubungan secara simultan dan parsial antara kepuasan pelanggan
shampo Clear dengan loyalitas merek.
Alat analisis yang digunakan adalah model regresi linear sederhana,
regresi linear berganda, korelasi berganda, korelasi determinasi, dan korelasi
parsial yang kemudian dilanjutkan dengan analisis deskriptif dan analisis
statistika. Analisis deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan karakteristik
responden. Sedangkan analisis statistika digunakan untuk melakukan analisis
yang dilakukan dengan menggunakan teknik statistik sehingga keputusan dapat
diambil lebih pasti. Untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel
kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek secara serentak (uji F) maupun
secara parsial (uji T).
Hasilpenelitian ini keseluruhan dapat diketahui secara bersamaan bahwa
variabel produk,harga dan kemudahan mempunyai pengaruh signifikan tehadap
loyalitas merek. Secara parsial, variabel produk berpengaruh signifikan atau
mempunyai pengaruh yang besar terhadap loyalitas.Rata - rata tingkat kepuasan
konsumen adalah sebesar 3,94. Ini menunjukkaan bahwa konsumen merasapuas
terhadap produk, harga dan kemudahan untuk mendapatkan produk shampo
Clear.
Collections
- Management [4527]