Penerapan House Of Quality Pada Marketplace Markethub Sibakul Jogja Provinsi Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan MarketHub
Sibakul Jogja dalam format house of quality (HoQ) serta apa potensi yang
bisa digali dari MarketHub Sibakul Jogja ini untuk mengembangkan UKM di
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif
melalui studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dengan Dinas Koperasi dan UKM serta penyebaran kuesioner
untuk UKM. Unit analisis dalam laporan ini adalah bagian perancangan yang
melibatkan aspek teknis dan non teknis dari MarketHub Sibakul Jogja. Hasil
dalam aspek teknis penelitian menunjukkan bahwa (a) Program Free Ongkir
merupakan kebutuhan prioritas UKM (b) Tingkat kepentingan tertinggi
Sibakul Jogja yaitu server yang memadai. (c)Tingkat kesulitan tertinggi
adalah membentuk manajemen TI yang memadai dan HRD berkualitas. (d)
Evaluasi teknis Sibakul Jogja adalah memiliki manajemen TI yang memadai
dengan budget pemeliharaan yang efisien. Hasil dalam aspek non teknis
menunjukkan bahwa MarketHub Sibakul Jogja dinilai UKM merasa kurang
efektif dalam sosialisasi dan maksimalisasi aplikasi. Disarankan Dinkop
UKM Yogya terus meningkatkan delivery services yang cepat, gratis dan
dapat menjangkau seluruh Yogyakarta serta bekerjasama dengan developer
yang handal.
Collections
- Management [4534]