Analisis Positioning Bisnis Indomaret (studi kasus pada Indomaret cabang Yogyakarta)
Abstract
Analisis Positioning Bisnis Indomaret
( studi kasus pada Indomaret cabang Yogyakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana posisi bisnis perusahaan
waralaba Indomaret di cabang Yogyakarta pada saat ini berdasarkan analisis SWOT,
mengetahui variabel yang menjadi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan serta
peluang dan ancaman yang dihadapinya, serta mengetahui strategi pemasaran yang tepat
untuk diterapkan perusahaan waralaba Indomaret cabang Yogyakarta berdasarkan kondisi
/keadaan perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 (dua) yaitu,
Pihak manajemen dari IndoMaret yang berada di kota Yogyakarta, dan konsumen waralaba
IndoMaret khususnya IndoMaret di kota Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 2 orang
manajer dari pihak manajemen yang bisa mengetahui strategi serta faktor internal dan
eksternal yang mempengaruhi perusahaan, dan juga 96 konsumen yang telah menggunakan
layanan IndoMaret sehingga bisa menilai waralaba IndoMaret khususnya penilaian dari
faktor eksternal perusahaan. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis SWOT-8K yaitu mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk
merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat
memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunities), namun secara bersamasama
dapat meminimalkan kelemahan (wekness) dan ancaman (threats).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan waralaba Indomaret cabang
Yogyakarta mempunyai kekuatan yang tinggi dari faktor internalnya dan mempunyai
peluang yang tinggi dari faktor eksternalnya, namun keunggulan faktor internal lebih kuat
dibandingkan keunggulan faktor eksternal sehingga posisi bisnis berada pada kuadran IA
dan strategi yang cocok untuk pemasarannya adalah strategi pertumbuhan Agresif.
Perusahaan ini memiliki kekuatan pada organisasi & manajemen yang jelas, budaya kerja
& strategi yang baik, SDM yang berkualitas, lokasi yang strategis, promosi yang efektif,
teknologi yang moderen, variasi produk, dan kekuatan keuangan yang cukup sehingga
perusahaan waralaba Indomaret dapat memanfaatkan peluang daya beli konsumen, ukuran
pasar, perubahan selera pasar, perubahan pendapatan konsumen, dan kebijakan pemerintah.
Kata Kunci : Strategi bersaing, SWOT-8K
Collections
- Management [4576]