Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Sri Hardjanti, M.M.
dc.contributor.authorFariz Wahyu Prigandana
dc.date.accessioned2022-01-06T02:27:46Z
dc.date.available2022-01-06T02:27:46Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35664
dc.description.abstractAnalisis Positioning Bisnis Indomaret ( studi kasus pada Indomaret cabang Yogyakarta) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana posisi bisnis perusahaan waralaba Indomaret di cabang Yogyakarta pada saat ini berdasarkan analisis SWOT, mengetahui variabel yang menjadi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan serta peluang dan ancaman yang dihadapinya, serta mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan perusahaan waralaba Indomaret cabang Yogyakarta berdasarkan kondisi /keadaan perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 (dua) yaitu, Pihak manajemen dari IndoMaret yang berada di kota Yogyakarta, dan konsumen waralaba IndoMaret khususnya IndoMaret di kota Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah 2 orang manajer dari pihak manajemen yang bisa mengetahui strategi serta faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan, dan juga 96 konsumen yang telah menggunakan layanan IndoMaret sehingga bisa menilai waralaba IndoMaret khususnya penilaian dari faktor eksternal perusahaan. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT-8K yaitu mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunities), namun secara bersamasama dapat meminimalkan kelemahan (wekness) dan ancaman (threats). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan waralaba Indomaret cabang Yogyakarta mempunyai kekuatan yang tinggi dari faktor internalnya dan mempunyai peluang yang tinggi dari faktor eksternalnya, namun keunggulan faktor internal lebih kuat dibandingkan keunggulan faktor eksternal sehingga posisi bisnis berada pada kuadran IA dan strategi yang cocok untuk pemasarannya adalah strategi pertumbuhan Agresif. Perusahaan ini memiliki kekuatan pada organisasi & manajemen yang jelas, budaya kerja & strategi yang baik, SDM yang berkualitas, lokasi yang strategis, promosi yang efektif, teknologi yang moderen, variasi produk, dan kekuatan keuangan yang cukup sehingga perusahaan waralaba Indomaret dapat memanfaatkan peluang daya beli konsumen, ukuran pasar, perubahan selera pasar, perubahan pendapatan konsumen, dan kebijakan pemerintah. Kata Kunci : Strategi bersaing, SWOT-8Ken_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi bersaingen_US
dc.subjectSWOT-8Ken_US
dc.titleAnalisis Positioning Bisnis Indomaret (studi kasus pada Indomaret cabang Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM08311349


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record