Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang IPO Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel persentase saham
yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala perusahaan, dan umur
perusahaan terhadap underpricing saham pada perusahaan yang IPO di Bursa Efek
Indonesia pada periode 2003-2008 dan terdapat 62 perusahaan yang mengalami IPO.
Pengaruh variable persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA),
skala perusahaan, umur perusahaan, dan reputasi underwrier terhadap underpricing
saham pada perusahaan yang IPO yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi
linear berganda dengan bantuan progam SPSS 17 for Windows, hasil dari pengujian ini
diharapkan dapat menambah pengetahuan di bidang keuangan terutama tentang pasar
modal dan memahami tentang underpricing.
Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa harga saham
(offering price dan closing price) perusahaan yang IPO dan yang mengalami
underpricing, Persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala
perusahaan dan umur perusahaan. Data tersebut diperoleh dari Indonesian Capital
Market Directory (ICMD). Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari perhitungan yang dilakukan variable
independent (persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala
perusahaan, umur perusahaan, dan reputasi underwriter) mempunyai kemampuan untuk
mempengaruhi Underpricing sebesar 0.212 atau 21.2%, sedangkan sisanya dipengaruhi
variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Dan setelah di uji
menggunakan uji F diketahui bahwa Persentase saham yang ditawarkan ke publik,
profitabilitas (ROA), skala perusahaan dan umur perusahaan secara simultan
berpengaruh terhadap underpricing, dan dalam uji T Persentase saham yang ditawarkan
ke public, profitabilitas (ROA), skala perusahaan dan umur perusahaan secara parsial
hanya dua variable yang berpengaruh terhadap underpricing yaitu skala/ukuran
perusahaan dan reputasi underwritter, hal ini dikarenakan beberapa alasan yang
disebutkan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Perusahaan yang IPO Periode 2003-2008, Undepricing, Persentase
saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala/ukuran perusahaan,
umur perusahaan, reputasi underwriter, analisis regresi linear berganda, uji asumsi
klasik, uji hipotesis
Collections
- Management [4548]