Show simple item record

dc.contributor.advisorAbdul Moin,,S..E., MBA
dc.contributor.authorGilang Rian Baskoro
dc.date.accessioned2022-01-06T01:45:59Z
dc.date.available2022-01-06T01:45:59Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35657
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala perusahaan, dan umur perusahaan terhadap underpricing saham pada perusahaan yang IPO di Bursa Efek Indonesia pada periode 2003-2008 dan terdapat 62 perusahaan yang mengalami IPO. Pengaruh variable persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala perusahaan, umur perusahaan, dan reputasi underwrier terhadap underpricing saham pada perusahaan yang IPO yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan progam SPSS 17 for Windows, hasil dari pengujian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan di bidang keuangan terutama tentang pasar modal dan memahami tentang underpricing. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa harga saham (offering price dan closing price) perusahaan yang IPO dan yang mengalami underpricing, Persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala perusahaan dan umur perusahaan. Data tersebut diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari perhitungan yang dilakukan variable independent (persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala perusahaan, umur perusahaan, dan reputasi underwriter) mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi Underpricing sebesar 0.212 atau 21.2%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Dan setelah di uji menggunakan uji F diketahui bahwa Persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala perusahaan dan umur perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap underpricing, dan dalam uji T Persentase saham yang ditawarkan ke public, profitabilitas (ROA), skala perusahaan dan umur perusahaan secara parsial hanya dua variable yang berpengaruh terhadap underpricing yaitu skala/ukuran perusahaan dan reputasi underwritter, hal ini dikarenakan beberapa alasan yang disebutkan dalam penelitian ini. Kata kunci : Perusahaan yang IPO Periode 2003-2008, Undepricing, Persentase saham yang ditawarkan ke publik, profitabilitas (ROA), skala/ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi underwriter, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesisen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerusahaan yang IPO Periode 2003-2008en_US
dc.subjectUndepricingen_US
dc.subjectPersentase saham yang ditawarkan ke publiken_US
dc.subjectprofitabilitas (ROA)en_US
dc.subjectskala/ukuran perusahaanen_US
dc.subjectumur perusahaanen_US
dc.subjectreputasi underwriteren_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Perusahaan Yang IPO Di Bursa Efek Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM08311221


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record