Analisis Pengaruh Elemen Pembentuk Brand Equity terhadap Purchase Intention (Studi Kasus pada Rumah Makan (SS) Spesial Sambal di Yogyakarta)
Abstract
Di era globalisasi saat ini, kekuatan persaingan adalah persaingan antar merek.
Untuk itu ekuitas merek suatu perusahaan harus semakin kuat. Dengan semakin kuatnya
ekuitas merek suatu produk, maka semakin kuat pula daya tarik produk tersebut dimata
konsumen sehingga konsumen mau mengonsumsi produk tersebut yang selanjutnya
membawa konsumen untuk melakukan pernbelian secara berulang-ulang.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ekuitas merek yang
terdiri dari brand awareness, perceivd quality, brand association dan brand loyalty
terhadap purchase intention rumah makan Spesial Sambal di Yogyakarta. Penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan pengaruh ekuitas merek terhadap purchase intention
(minat beli) konsumen rumah makan Spesial Sambal di Yogyakarta, serta untuk
mencari elemen ekuitas merek mana yang paling dominan mempengaruhi kepuasan
konsumen rumah makan Spesial Sambal.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber
dari kuesioner yang dibagikan kepada konsumen rumah makan Spesial Sambal.
Populasinya adalah seluruh konsumen rumah makan Spesial Sambal yang telah lebih
dari dua kali mengkonsumsi produk rumah makan Spesial Sambal. Pengambilan sampel
menggunakan teknik convinience sampling dimana sampelnya adalah setiap pelanggan
yang telah selesai melakukan transaksi pembelian pada toko tersebut. Sampel yang
digunakan sebanyak 96 orang responden. Metode analisis data dengan pendekatan
deskriptif kuantitatif dimana variable diukur dengan skala Likert.
Pengolahan data menggunakan prangkat lunak SPSS 17 dengan analisa
deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisa regresi berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara serempak brand awareness, perceivd quality, brand
association dan brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap purchase intention
konsumen rumah makan Spesial Sambal, selanjutnya secara parsial brand awareness,
perceivd quality, brand association maupun brand loyalty masing-masing mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention konsumen rumah makan
Spesial Sambal. Brand Association mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap
purchase intention konsumen rumah makan Spesial Sambal di Yogyakarta. Pada
koefisien deterrninasi (R2) menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas yang diteliti
rnampu menjelaskan 40,6% terhadap minat beli konsumen, sementara sisanya sebesar
59,4% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lainnya diluar penelitian ini.
Kata kunci : Ekuitas Merek, Brand awareness, Perceivd quality, Brand Association,
Bbrand Loyalty, Purchase Intention.
Collections
- Management [4527]