Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Temanggung (Studi Kasus Pada Bagian Instalasi Gawat Darurat)
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Temanggung (Studi
Kasus Pada Bagian Instalasi Gawat Darurat). Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan IGD Rumah
Sakit Umum Daerah Kabupaten Temanggung, untuk mengetahui pengaruh
reliability, tangibles, responsiveness, assurance, serta empathy terhadap kepuasan
konsumen dan untuk mengetahui dimensi yang paling dominan yang
mempengaruhi kepuasan konsumen khususnya pasien IGD Rumah Sakit Umum
Daerah Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan analisis
kuantitatif. Hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat,
sehingga dapat dicari solusi yang tepat. Metode deskriptif dilakukan dengan
menggunakan instrumen kuesioner, selanjutnya kuesioner diolah menggunakan
bantuan komputer melalui program SPSS. Populasi yang diteliti yaitu pasien atau
keluarga pasien yang pernah atau masih menggunakan jasa Instalasi Gawat
Darurat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Temanggung. Sampel yang
digunakan adalah sebanyak 105 responden. Metode kuantitatif yang digunakan
adalah Analisis Regresi Linier Berganda, Korelasi Berganda, Koefisien
Determinasi, Uji Signifikan Simultan (Uji F), Uji t (pengujian secara parsial) dan
Korelasi Parsial.
Dari analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan pada penelitian
ini, diperoleh persamaan sebagai berikut: = 0.188 + 0.282 + 0.185 +
0.177 + 0.158 + 0.165. artinya semua variabel independen berpengaruh
positif terhadap kepuasan konsumen, artinya apabila variabel independen naik,
maka variabel dependen juga meningkat, dan jika variabel independen turun,
maka variabel dependen juga menurun. Hasil koefisien korelasi berganda (R)
menunjukkan keeratan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.
Hasil koefisien korelasi berganda sebesar 0,862. Nilai ini cenderung mendekati
angka 1 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat positif
antara dimensi reliability, tangibles, responsiveness, assurance, dan empathy
dengan kepuasan konsumen. Sedangkan koefisien korelasi parsial terbesar
ditunjukkan oleh dimensi reliability sebesar 38,9%. Hasil ini berarti untuk
dimensi reliability mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan.
Collections
- Management [4552]