Analisis Pengaruh Product Feature, Distribusi, dan Harga, Terhadap Kepuasan Konsumen Rokok Sampoerna Mild di Kelurahan Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Pengaruh Product Feature, Distribusi, dan Harga,
Terhadap Kepuasan Konsumen Rokok Sampoerna Mild di Kelurahan Bangunkerto, Turi,
Sleman, Yogyakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menjelaskan pengaruh product feature,
distribusi, dan harga terhadap kepuasan konsumen rokok Sampoerna Mild serta untuk
mencari variabel yang paling kuat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan metode statistik. Hal ini
bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat, sehingga dapat dicari solusi yang
tepat. Metode deskriptif dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner, selanjutnya
kuesioner diolah menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS. Populasi yang
diteliti adalah konsumen rokok Sampoerna Mild di Kelurahan Bangunkerto, Turi, Sleman,
Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 96 orang. Metode statistik yang digunakan
adalah uji regresi linier berganda, uji F, uji t parsial, uji koefisien determinasi ganda, dan
uji determinasi koefisien parsial.
Hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 24,688 dan probabilitas (Sig-F) sebesar
0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh secara bersama-sama atribut produk yang terdiri dari product feature, distribusi,
dan harga terhadap kepuasan pada produk rokok Sampoerna Mild. Sedangkan koefisien
korelasi berganda (R) menunjukkan keeratan hubungan antara variabel bebas dengan
variabel terikat. Hasil koefisien korelasi berganda sebesar 0,721. Nilai ini cenderung
mendekati angka 1 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara
atribut produk (product feature, distribusi, dan harga) dengan kepuasan konsumen.
Sedangkan koefisien korelasi berganda (R) menunjukkan keeratan hubungan antara
variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil koefisien korelasi berganda seperti pada
sebesar 0,721. Nilai ini cenderung mendekati angka 1 sehingga dapat diartikan bahwa
terdapat hubungan yang kuat antara atribut produk (product feature, distribusi, dan harga)
dengan kepuasan. koefisien determinasi parsial terbesar ditunjukkan oleh variabel product
feature sebesar 14,5%. Hasil ini berarti untuk variabel product feature mempunyai
pengaruh dominan terhadap Kepuasan. Dengan demikian hipotesis kedua yang
menyatakan “Product feature merupakan faktor yang paling dominan dan berpengaruh
terhadap keputusan konsumen pada rokok Sampoerna Mild” dapat diterima.
Kata Kunci: Product Feature, Distribusi, Harga, Kepuasan
Collections
- Management [4552]