Analisis Pengaruh Kualitas Jasa PT. Garuda Indonesia Terhadap Kepuasan Kon i nsumen
Abstract
Penelitian ini dilakukan di daerah Yogyakarta, dengan mengambil judul “Analisi Pengaruh
Kualitas Jasa PT.Garuda Indonesia Terhadap Kepuasan Konsumen”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa terhadap
kepuasan penumpang Garuda Indonesia secara parsial, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas
jasa terhadap kepuasan penumpang Garuda Indonesia secara simultan. Data penelitian ini sampel
yang di gunakan untuk melakukan pengujian validitas dan reliabilitas data adalah 30 responden
yaitu konsumen di Yogyakarta yang menggunakan jasa Garuda Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey,
sedangkan untuk mengolah dan menganalisis data, penulis melakukan perhitungan dengan
metode deskriptif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil
kesimpulan bahwa sebagai berikut: Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa nilai
koefisien regresi untuk tangible (X1) sebesar 0,427, reliability (X2) sebesar 0,816, responsiveness
(X3) sebesar 0,344, assurance (X4) sebesar 0,794, emphaty (X5) sebesar 0,478 dengan nilai
konstanta sebesar 1,374. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara
positif dan signifikan dari lariable tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty
terhadap kepuasan konsumen. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa nilai
signifikan untuk variable tangible (X1) sebesar 0,014, reliability (X2) sebesar 0,037,
responsiveness (X3) sebesar 0,043, assurance (X4) sebesar 0,032, dan emphaty (X5) sebesar
0,021.
Kata kunci: Kualitas jasa, Kepuasan, Garuda Indonesia
Collections
- Management [4548]