Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi Espresso Bar Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh positif kualitas
produk, kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh positif
kualitas produk, kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas konsumen serta untuk
mengetahui variabel independent yang paling kuat mempengaruhi variabel dependent di
Kedai Kopi Espresso Bar Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan statistik. Hal ini bertujuan agar
penelitian yang dihasilkan lebih akurat, sehingga dapat mencari solusi yang tepat.
Metode deskriptif dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Kuesioner
diolah menggunakan bantuan komputer melalui program spss versi 13.0. sedangkan
populasi yang diteliti adalh konsumen Kedai Kopi Espresso Bar Yogyakarta. Sampel
yang digunakan 96 orang. Objek yang diteliti adalah konsumen yang melakukan
pembelian di Kedai Kopi Espresso Bar Yogyakarta.
Metode pengujian statistik dengan menggunakan analisi regresi linier berganda
dengan taraf signifikansi 5%, dalam mengambil keputusan dilakukan dengan
menggunakan uji f, uji t parsial, uji asumsi klasik, uji determinasi ganda dan uji
determinasi parsial.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji f dan uji t, secara
bersama-sama variabel kualitas produk, kualitas layanan dan harga berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Dalam hal ini merupakan faktor
yang paling menentukan besar kecilnya kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. Selain
itu secara bersama-sama variabel kualitas produk, kualitas layanan, harga dan kepuasan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dalam hal ini kualitas produk
merupakan faktor mempengaruhi loyalitas konsumen.
Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan, Loyalitas
Collections
- Management [4552]