Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Rumah Makan Pemancingan Lumintu Janti - Klaten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan
konsumen terhadap dimensi kualitas pelayanan di Rumah Makan Pemancingan
Lumintu Janti, serta mengetahui dimensi kualitas pelayanan pelayanan apakah yang
paling memuaskan pelanggan diantara dimensi kualitas pelayanan di Rumah Makan
Pemancingan Lumintu Janti. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
seluruh pelanggan Rumah Makan Pemancingan Lumintu Janti. Sampel penelitian ini
adalah 100 responden yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti.
Teknik penarikan sampel menggunakan metode Convinience Sampling yaitu
pengambilan sampel berdasarkan faktor kebetulan, yaitu konsumen yang sedang
melakukan pembelian di rumah kaman pemancingan Lumintu Janti dan kebetulan
bertemu dengan penelitian untuk dijadikan sampel. Model analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Analisis Tingkat Kesesuaian antara Kinerja dan Harapan
serta Analisis Diagram Kartesius.
Hasil penelitian dengan analisis tingkat kesesuaian menunjukkan bahwa
konsumen belum merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh
Rumah Makan Pemancingan Lumintu Janti - Klaten. Hal ini dapat dibuktikan
dengan rata-rata kesesuaian secara total yaitu sebesar 88,8%, nilainya masih dibawah
100%, yang menunjukkan bahwa kinerja Rumah Makan Pemancingan Lumintu Janti
- Klaten belum sesuai dengan harapan konsumen. Analisis Diagram Kartesius per
atrbut dapat diketahui variabel yang perlu diprioritaskan oleh Rumah Makan
Pemancingan Lumintu Janti - Klaten yaitu tempat parkir, dengan tempat parkir yang
luas memudahkan konsumen untuk menempatkan kendaraan, proses pelayanan
cepat, ketanggapan terhadap konsumen yang baru datang, kesediaan karyawan
membersihkan meja, dan kemampuan pelayan dalam memenuhi kebutuhan
pelanggan, sedangkan untuk perdimensi yang diprioritaskan adalah dimensi
Reliability.
Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan
Collections
- Management [4527]