Analisis Brand Awareness Pada Motor Jenis Matic Merek Honda Vario, Suzuki Spin, Dan Yamaha Mio Terhadap Minat Beli Konsumen
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Brand Awareness Pada Motor Jenis Matic
Merek Honda Vario, Suzuki Spin, dan Yamaha Mio Terhadap Keputusan beli
Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
brand awareness terhadap keputusan beli konsumen dan mengetahui ada tidaknya
pengaruh atribut berbeda-diingat dan atribut penampakan simbol terhadap
keputusan beli konsumen. Ukuran populasi dalam penelitian ini tidak dapat
diketahui secara pasti jumlahnya, Sample dalam penelitian ini adalah sebagian
remaja maupun orang tua, baik pria maupun wanita yang pernah melihat iklan
motor Honda Vario, Suzuki Spin dan Yamaha Mio dan ingin membeli motor
tersebut. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah
dengan riset lapangan (Field Researh) artinya data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner jenis tertutup yang artinya tidak diberi kesempatan untuk memberi
jawaban selain yang sudah disediakan oleh peneliti.
Dengan hipotesis : (1) Diduga atribut berbeda dikenang (be bifferentmemorable)
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen
terhadap motor jenis Honda Vario, Suzuki Spin dan Yamaha Mio di DIY.
(2) Diduga atribut penampakan simbol (symbol exposure) berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap motor jenis Honda Vario,
Suzuki Spin dan Yamaha Mio di DIY.
Adapun hasil yang didapat dari uji analisis analisis regresi berganda yaitu
Berdasarkan jenis kelamin, sebagian besar yang menggunakan motor Honda
Vario,Suzuki Spin,dan Yamaha Mio adalah berusia produktif mempunyai
pekerjaan wiraswasta, dan berpenghasilan menengah keatas. Hipotesis pertama
yang menyatakan bahwa variabel Berbeda di kenang, mempunyai pengaruh
signifikan terhadap Keputusan pembelian diterima. Hal ini dapat dilihat pada nilai
p value < tingkat signifikansi 5% dan Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa
variabel penampakan simbol, mempunyai pengaruh signifikan terhadap
Keputusan pembelian diterima. Hal ini dapat dilihat pada nilai p value < tingkat
signifikansi 5%.
Kata Kunci : Merek, Awareness, minat, beli, konsumen
Collections
- Management [4533]