Strategi Manajemen Programming Radio DCS FM Dan Moderato FM Dalam Persaingan Radio Komersial Di Kota Madiun
Abstract
Rahma Meliasari 06331042. Strategi Manajemen Programming Radio DCS FM
dan Radio Moderato FM dalam Persaingan Radio Komersial di Kota Madiun.
Skripsi Sarjana, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu
Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2011.
Programming radio merupakan salah satu aktivitas manajemen penyiaran
yang khusus mengelola aktivitas program siaran, mulai dari perencanaan program
sampai evaluasi program siaran. Untuk mendapatkan hasil siaran yang sesuai dengan
keinginan manajemen penyiaran radio, maka diperlukan suatu manajemen
programming yang baik. Radio DCS FM dan Moderato FM memiliki program dan
format siaran yang disesuaikan dengan sasaran khalayak pendengar. Radio DCS FM
dan Moderato FM juga mempunyai program siaran informasi yang berisikan berita
atau informasi disekitar wilayah kota Madiun. Format siaran merupakan strategi yang
digunakan stasiun radio untuk membidik pendengarnya agar pendengar tidak
berpindah pada gelombang lain. Radio menyusun program radio yang akan disiarkan
berdasarkan format siarannya. Penyusunan program siaran dikaitkan dengan
kebijakan penyelenggaraan siaran yang cenderung segmented. Sehingga radio
memiliki karakteristik tersendiri dalam hal menyajikan musik, informasi, maupun
pola penyiarannya.
Tujuan dari penelitian ini, khususnya adalah untuk memperoleh gambaran
tentang strategi manajemen programming radio DCS FM dan Moderato FM dalam
persaingan radio komersial di kota Madiun. Metode yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Konsep yang dioperasikan
sebagai alat analisis meliputi perencanaan (planning), organisasi (organization),
pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Konsep STPF digunakan
untuk dapat mengetahui sasaran pendengarnya sedangkan SWOT digunakan sebagai
alat analisis perbandingan kedua radio tersebut.
Hasil penelitian di radio DCS FM dan Moderato FM menunjukkan beberapa
persamaan dan catatan perbandingan. Bahwa di Radio DCS FM kualitas penyiaran
dan strategi pemrogramannya lebih berkualitas dan berstruktur dibandingkan dengan
Radio Moderato FM dikarenakan Radio DCS FM lebih mengutamakan keinginan
pendengar dan fasilitas yang memadai dibandingkan dengan Radio Moderato FM.
Jumlah pendengar yang banyak dan masuknya pengiklan yang banyak dapat menjadi
tolak ukur keberhasilan sebuah radio
Kata-kata kunci: strategi manajemen, program radio, segmentasi, format siaran
Radio DCS FM dan Radio Moderato FM
Collections
- Communication [943]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Produksi Program Radio Komunitas pada Program Musik (Studi Deskriptif Progam Musik di Radio Love Jogja FM dan Radio Wijaya FM
Bumi, Rahmawati Cindar (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-15)RahmawatiCindar Earth 09321069. Community Radio Program Production Analysis On Music Program (Qualitative Descriptive Study Program in Radio Love Music &WijayaJogjaFmFm). Bachelor Thesis.Communication Studies Program, ... -
STRATEGI KREATIF PROGRAM HIBURAN RADIO SWASTA DALAM MERAIH PENDENGAR DI SALATIGA (Studi Deskriptif Program “Salatiga Bergoyang” Radio Zenith FM dan “Leyeh-Leyeh Campursari” Radio Elisa FM)
SulthonSalamuddin Kuncoro, 12321180 (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-03-28)Radio Zenith dalam rangka menjaring pendengar, menyiapkan kreatif rancangan program yang diberi nama Salatiga Bergoyang dengan kreatif konten Lagu Dangdut dan kreatif Media siaran dengan Bigo Live. Radio Elisa dalam rangka ... -
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU RADIO SWASTA DI YOGYAKARTA DALAM MEMPEROLEH PENGIKLAN DENGAN KONTEKS B2B (Studi Kasus Radio Swaragama FM dan Radio Geronimo FM)
Pretisya Rahmani, 14321050 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-02)Dari waktu ke waktu, peran radio masih sangat penting. Persaingan memperebutkan “kue iklan” semakin sengit seiring makin menjamurnya media. Televisi masih powerful dan internet mulai menyita perhatian pengiklan. Maka dari ...