Show simple item record

dc.contributor.advisorIwan Awaluddin Yusuf, SIP.,M.Si
dc.contributor.authorRahma Meliasari
dc.date.accessioned2021-12-21T09:22:45Z
dc.date.available2021-12-21T09:22:45Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35330
dc.description.abstractRahma Meliasari 06331042. Strategi Manajemen Programming Radio DCS FM dan Radio Moderato FM dalam Persaingan Radio Komersial di Kota Madiun. Skripsi Sarjana, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2011. Programming radio merupakan salah satu aktivitas manajemen penyiaran yang khusus mengelola aktivitas program siaran, mulai dari perencanaan program sampai evaluasi program siaran. Untuk mendapatkan hasil siaran yang sesuai dengan keinginan manajemen penyiaran radio, maka diperlukan suatu manajemen programming yang baik. Radio DCS FM dan Moderato FM memiliki program dan format siaran yang disesuaikan dengan sasaran khalayak pendengar. Radio DCS FM dan Moderato FM juga mempunyai program siaran informasi yang berisikan berita atau informasi disekitar wilayah kota Madiun. Format siaran merupakan strategi yang digunakan stasiun radio untuk membidik pendengarnya agar pendengar tidak berpindah pada gelombang lain. Radio menyusun program radio yang akan disiarkan berdasarkan format siarannya. Penyusunan program siaran dikaitkan dengan kebijakan penyelenggaraan siaran yang cenderung segmented. Sehingga radio memiliki karakteristik tersendiri dalam hal menyajikan musik, informasi, maupun pola penyiarannya. Tujuan dari penelitian ini, khususnya adalah untuk memperoleh gambaran tentang strategi manajemen programming radio DCS FM dan Moderato FM dalam persaingan radio komersial di kota Madiun. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Konsep yang dioperasikan sebagai alat analisis meliputi perencanaan (planning), organisasi (organization), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Konsep STPF digunakan untuk dapat mengetahui sasaran pendengarnya sedangkan SWOT digunakan sebagai alat analisis perbandingan kedua radio tersebut. Hasil penelitian di radio DCS FM dan Moderato FM menunjukkan beberapa persamaan dan catatan perbandingan. Bahwa di Radio DCS FM kualitas penyiaran dan strategi pemrogramannya lebih berkualitas dan berstruktur dibandingkan dengan Radio Moderato FM dikarenakan Radio DCS FM lebih mengutamakan keinginan pendengar dan fasilitas yang memadai dibandingkan dengan Radio Moderato FM. Jumlah pendengar yang banyak dan masuknya pengiklan yang banyak dapat menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah radio Kata-kata kunci: strategi manajemen, program radio, segmentasi, format siaran Radio DCS FM dan Radio Moderato FMen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectstrategi manajemenen_US
dc.subjectprogram radioen_US
dc.subjectsegmentasien_US
dc.subjectformat siaran Radio DCS FMen_US
dc.subjectformat siaran Radio Moderato FMen_US
dc.titleStrategi Manajemen Programming Radio DCS FM Dan Moderato FM Dalam Persaingan Radio Komersial Di Kota Madiunen_US
dc.Identifier.NIM06331042


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record