Peran Identitas Khas Terhadap Efek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perilaku Konsumen PT Bank Mandiri Tbk
Abstract
Skripsi ini berjudul “Peran Identitas Khas Terhadap Efek Tanggung Jawab Sosial
Perusahaan Pada Perilaku Konsumen PT. Bank Mandiri Tbk”. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui sebuah model yang berkaitan dengan gagasan tanggung jawab sosial
perusahaan terhadap loyalitas konsumen dan untuk mengetahui efek dari identitas khas
perusahaan dari identifikasi konsumen yang ditimbulkan dari gagasan tanggung jawab
sosial perusahaan sebuah perusahaan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari
kuesioner yang dibagikan kepada nasabah Bank Mandiri Sekip Yogyakarta. Pengambilan
sampel dengan menggunakan teknik Convenience sampling dimana sampelnya adalah
konsumen yang sudah menjadi nasabah bank mandiri selama minimal 6 bulan. Sampel yang
digunakan sebanyak 125 orang responden.
Variabel penelitian adalah identitas khas perusahaan, corporate social responsibility
(CSR), evaluasi perusahaan, daya tarik identitas, dan identifikasi konsumen terhadap
perusahaan sebagai variabel independen dan loyalitas konsumen sebagai variabel dependen.
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis Lisrel. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t parsial dengan taraf signifikan 5%.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan anggapan bahwa konsumen akan
memberikan penghargaan kepada perusahaan atas dukungan mereka terhadap program
sosial, banyak organisasi telah menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
Untuk menggambarkan sebuah model pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)
terhadap loyalitas telah dikembangkan dan diuji menggunakan sampel dari beberapa
konsumen nyata. Hasilnya menunjukkan bahwa gagasan tanggung jawab sosial perusahaan
mempunyai hubungan terhadap loyalitas yang kuat, sebab konsumen mengembangkan
evaluasi perusahaan yang lebih positif dan mereka juga menjadi mengenal perusahaan
secara lebih dekat. Selain itu, identitas khas perusahaan terlihat memainkan peran yang
penting pada pengaruh dari gagasan CSR perusahaan terhadap loyalitas konsumen ketika pengaruh ini terjadi melalui proses identifikasi konsumen terhadap perusahaan. Sebuah ciri
identitas yang kuat tidak harus berada pada titik khas yang sama, tetapi mampu
mengaktifkan identitas yang khas suatu perusahaan yang akan mempengaruhi reaksi
konsumen sehingga meningkatkan loyalitas konsumen.
KATA KUNCI: tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), identitas, daya tarik, hubungan
pemasaran, identifikasi, perilaku konsumen
Collections
- Management [4527]