Show simple item record

dc.contributor.advisorBudi Astuti,Dra.,M.Si.
dc.contributor.authorRizkyawan Afif Handarta
dc.date.accessioned2021-11-25T06:36:03Z
dc.date.available2021-11-25T06:36:03Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34689
dc.description.abstractSkripsi ini berjudul “Peran Identitas Khas Terhadap Efek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perilaku Konsumen PT. Bank Mandiri Tbk”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sebuah model yang berkaitan dengan gagasan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap loyalitas konsumen dan untuk mengetahui efek dari identitas khas perusahaan dari identifikasi konsumen yang ditimbulkan dari gagasan tanggung jawab sosial perusahaan sebuah perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang dibagikan kepada nasabah Bank Mandiri Sekip Yogyakarta. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Convenience sampling dimana sampelnya adalah konsumen yang sudah menjadi nasabah bank mandiri selama minimal 6 bulan. Sampel yang digunakan sebanyak 125 orang responden. Variabel penelitian adalah identitas khas perusahaan, corporate social responsibility (CSR), evaluasi perusahaan, daya tarik identitas, dan identifikasi konsumen terhadap perusahaan sebagai variabel independen dan loyalitas konsumen sebagai variabel dependen. Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis Lisrel. Pengujian hipotesis menggunakan uji t parsial dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan anggapan bahwa konsumen akan memberikan penghargaan kepada perusahaan atas dukungan mereka terhadap program sosial, banyak organisasi telah menerapkan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Untuk menggambarkan sebuah model pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap loyalitas telah dikembangkan dan diuji menggunakan sampel dari beberapa konsumen nyata. Hasilnya menunjukkan bahwa gagasan tanggung jawab sosial perusahaan mempunyai hubungan terhadap loyalitas yang kuat, sebab konsumen mengembangkan evaluasi perusahaan yang lebih positif dan mereka juga menjadi mengenal perusahaan secara lebih dekat. Selain itu, identitas khas perusahaan terlihat memainkan peran yang penting pada pengaruh dari gagasan CSR perusahaan terhadap loyalitas konsumen ketika pengaruh ini terjadi melalui proses identifikasi konsumen terhadap perusahaan. Sebuah ciri identitas yang kuat tidak harus berada pada titik khas yang sama, tetapi mampu mengaktifkan identitas yang khas suatu perusahaan yang akan mempengaruhi reaksi konsumen sehingga meningkatkan loyalitas konsumen. KATA KUNCI: tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), identitas, daya tarik, hubungan pemasaran, identifikasi, perilaku konsumenen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjecttanggung jawab sosial perusahaan (CSR)en_US
dc.subjectidentitasen_US
dc.subjectdaya tariken_US
dc.subjecthubungan pemasaranen_US
dc.subjectidentifikasien_US
dc.subjectperilaku konsumenen_US
dc.titlePeran Identitas Khas Terhadap Efek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perilaku Konsumen PT Bank Mandiri Tbken_US
dc.Identifier.NIM08311043


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record