Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Pada Jasa Bbkurir Jne Dan J&T Di Kota Yogyakarta
Abstract
Pertumbuhan sektor pelayanan jasa kurir di Indoensia menghasilkan
persaingan bisnis yang amat ketat. Kualitas merupakan salah satu kunci dalam
meraih keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas
pelayanan JNE dan J&T serta membandingkan apakah ada tidaknya perbedaan
kualitas diantara keduanya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dimensi kualitas availability, responsibility, responsiveness, completeness dan
professionalism. Penelitian ini melibatkan 100 konsumen pengguna jasa layanan
JNE dan J&T di Yogyakarta dengan teknik non-probability sampling. Metode yang
digunakan adalah kuantitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu dengan
independent samples t-test dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
adanya perbedaan dimensi kualitas availability, responsiveness, reliability,
completeness dan professionalism antara JNE dan J&T.
Collections
- Management [4576]