Analisis Implikasi Implementasi Total Quality Management Terhadap Kinerja Operasional Pada Ukm Getuk Eco
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan dampak dari Total Quality Management
terhadap Kinerja Operasional suatu perusahaan. Hal ini dapat dicapai dengan
menggabungkan pemberdayaan dan peningkatan variabel – variabel yang
berpengaruh terhadap Kinerja Operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
membuktikan pengaruh Total Quality Management yang diwujudkan dalam 4 unsur
dasar yaitu Fokus pada Pelanggan, Pemberdayaan Karyawan, Peningkatan Mutu
Berkelanjutan, dan Manajemen Berdasarkan Fakta terhadap peningkatan Kinerja
Operasional suatu perusahaan. Objek penelitian adalah UKM Getuk Eco yang
berada di Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah. Data penelitian ini disebarkan
melalui kuesioner yang telah dicetak dan juga melalui google form, dan didapatkan
40 responden. Responden adalah pegawai UKM Getuk Eco yang telah bekerja
minimal 2 tahun di UKM tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk
mengkonfirmasi penelitian – penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk
membantu pengolahan data, digunakan program SPSS 26.0. Temuan penelitian
menunjukkan untuk unsur TQM Pemberdayaan Karyawan, Peningkatan Mutu
Berkelanjutan, dan Manajemen Berdasarkan Fakta memiliki dampak positif
terhadap Kinerja Operasional perusahaan, akan tetapi Fokus pada Pelanggan
memiliki dampak negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
melakukan Pemberdayaan Karyawan, Peningkatan Mutu Berkelanjutan, dan
Manajemen Berdasarkan Fakta dapat meningkatkan Kinerja Operasional.
Penelitian ini memberikan kontribusi bagi akademisi manajemen operasional
khususnya pada manajemen kualitas.
Collections
- Management [4539]