dc.description.abstract | Dalam penelitian ini dilakukan untuk pengetahuan pengaruh inovasi
produk, desain produk, kualitas produk terhadap keunggulan bersaing. Sehingga
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari inovasi produk,
desain produk, kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada UKM kerajinan
Kulit Manding Bantu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode simple
random sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melakukan survey dengan
menyebarkan kuesioner kepada para pelaku UKM kerajinan Kulit Manding.
Sampel yang digunakan untuk penelitian ini mengambil sekitar 40 responden yang
diolah menggunakan SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa
Inovasi produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keunggulan bersaing,
Desain produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keunggulan bersaing,
kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keunggulan bersaing
dan inovasi produk, desain produk, kualitas produk berpengaruh signifikan dan
positif terhadap keunggulan bersaing. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa
semakin baiknya para pengrajin kulit menerapkan inovasi produk, desain produk,
kualitas produk dalam mencapai keunggulan bersaing. | en_US |