Pengaruh Modal Sosial Dan Interaksi Sosial Pada Niat Beli Pelanggan Dalam Produk Kosmetik Korea Some By Mi: Studi Pada Konsumen Generasi Z Dengan Pola Pembelian Berbasis Twitter Dan Instagram Di Pulau Jawa
Abstract
Penelitian ini memaparkan pengaruh teori modal sosial dan teori
interaksi sosial terhadap keinginan untuk saling berbagi
pengetahuan atau informasi. Teori modal sosial adalah
serangkaian sumber daya manusia yang dimiliki oleh individu atau
kelompok dengan memperhatikan norma atau kepercayaan yang
ada. Modal sosial sendiri terdiri dari modal struktural, modal
kognitif, dan modal relasional. Teori lain yaitu, interaksi sosial
adalah teori yang menjelaskan tentang keuntungan yang akan
didapat jika melakukan pertukaran antar kedua belah pihak.
Interaksi sosial terdiri dari rasa percaya, interaksi interpersonal,
dan keuntungan yang dirasakan. Tujuan penelitian ini dilakukan
agar lebih memahami pertukaran informasi yang terjadi pada
media sosial Twitter atau Instagram, sehingga nantinya bisa
memicu orang lain untuk melakukan pembelian. Objek penelitian
yang digunakan adalah produk kosmetik yang berasal dari Korea
Selatan, yaitu Some By Mi. Data penelitian ini disebarkan melalui
google form dan terkumpul sebanyak 226 responden. Responden
yang dimaskud adalah seseorang yang berada di generasi Z, pernah
melakukan pembelian produk kosmetik Some By Mi lebih dari dua
kali pada platform Twitter atau Instagram dan berdomisili di Pulau
Jawa. Proses pengujian penelitian ini dibantu dengan
menggunakan program SPSS 22 dan SEM-AMOS 24.
Penggunaan SEM ini dilakukan karena penulis ingin
mengonfirmasi penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif pada salah satu
diantara enam hipotesis yang positif, yaitu tertolaknya variabel
modal relasional sehingga tidak adanya keinginan untuk bertukar
informasi antar sesama konsumen dan berujung tidak adanya
minat untuk melakukan pembelian produk kosmetik Some By Mi.
ingin memberikan kontribusi terkait pola promosi pada korporasi
dalam media sosial.
Collections
- Management [4284]