Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. R. Endy Gunanto Marsasi, M.M.
dc.contributor.authorRADEN RORO SITA WINAHYU
dc.date.accessioned2021-10-13T03:38:46Z
dc.date.available2021-10-13T03:38:46Z
dc.date.issued2021-06-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33217
dc.description.abstractPenelitian ini memaparkan pengaruh teori modal sosial dan teori interaksi sosial terhadap keinginan untuk saling berbagi pengetahuan atau informasi. Teori modal sosial adalah serangkaian sumber daya manusia yang dimiliki oleh individu atau kelompok dengan memperhatikan norma atau kepercayaan yang ada. Modal sosial sendiri terdiri dari modal struktural, modal kognitif, dan modal relasional. Teori lain yaitu, interaksi sosial adalah teori yang menjelaskan tentang keuntungan yang akan didapat jika melakukan pertukaran antar kedua belah pihak. Interaksi sosial terdiri dari rasa percaya, interaksi interpersonal, dan keuntungan yang dirasakan. Tujuan penelitian ini dilakukan agar lebih memahami pertukaran informasi yang terjadi pada media sosial Twitter atau Instagram, sehingga nantinya bisa memicu orang lain untuk melakukan pembelian. Objek penelitian yang digunakan adalah produk kosmetik yang berasal dari Korea Selatan, yaitu Some By Mi. Data penelitian ini disebarkan melalui google form dan terkumpul sebanyak 226 responden. Responden yang dimaskud adalah seseorang yang berada di generasi Z, pernah melakukan pembelian produk kosmetik Some By Mi lebih dari dua kali pada platform Twitter atau Instagram dan berdomisili di Pulau Jawa. Proses pengujian penelitian ini dibantu dengan menggunakan program SPSS 22 dan SEM-AMOS 24. Penggunaan SEM ini dilakukan karena penulis ingin mengonfirmasi penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif pada salah satu diantara enam hipotesis yang positif, yaitu tertolaknya variabel modal relasional sehingga tidak adanya keinginan untuk bertukar informasi antar sesama konsumen dan berujung tidak adanya minat untuk melakukan pembelian produk kosmetik Some By Mi. ingin memberikan kontribusi terkait pola promosi pada korporasi dalam media sosial.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModal Sosialen_US
dc.subjectInteraksi Sosialen_US
dc.subjectPerilaku Berbagi Pengetahuanen_US
dc.subjectMinat Belien_US
dc.titlePengaruh Modal Sosial Dan Interaksi Sosial Pada Niat Beli Pelanggan Dalam Produk Kosmetik Korea Some By Mi: Studi Pada Konsumen Generasi Z Dengan Pola Pembelian Berbasis Twitter Dan Instagram Di Pulau Jawaen_US
dc.Identifier.NIM17311303


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record