Pengaruh Pemasaran Konten Hiburan Tiktok Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Tiktok: Studi Muslim Generasi Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kesenangan, persepsi
manfaat, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat menggunakan aplikasi
TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
pengumpulan data melalui kuesioner online dan ditentukan dengan menggunakan
metode non probability purposive sampling. Data didapatkan dengan cara
menyebar kuesioner secara online kepada 250 responden Muslim Generasi Z yang
belum pernah menggunakan aplikasi TikTok. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat tidak berpengaruh
terhadap niat menggunakan aplikasi TikTok, namun persepsi kesenangan konten
TikTok berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi manfaat, persepsi
kemudahan penggunaan dan niat menggunakan aplikasi TikTok. Hasil temuan ini
dapat digunakan sebagai referensi penelitian selanjutnya. Teori utama dalam
penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang
digunakan untuk menjelaskan hubungan antara persepsi kesenangan, persepsi
manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan niat menggunakan. Keterbatasan
pada penelitian ini adalah variabel niat menggunakan aplikasi TikTok yang
menunjukkan bahwa skor R-Squarenya sebesar 0.488 atau 48,8% sehingga variabel
tersebut masih belum dijelaskan dengan baik dan cukup oleh variabel antesedennya.
Penelitian ini berkontribusi kepada literatur pada topik penggunaan media sosial
dengan mempertimbangkan variabel persepsi kesenangan, persepsi manfaat dan
kemudahan dalam memengaruhi niat menggunakan TikTok.
Collections
- Management [4572]