Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Tinggi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa dengan Menggunakan Instrument HEdPERF Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan pendidikan tinggi terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa dengan menggunakan instrument HEdPERF studi kasus mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 225 sampel. Alat pengumpulan data ini menggunkan kuesioner yang berupa serangkaian daftar pertanyaan untuk dijawab responden. Sumber data dari penilitian ini adalah sumber data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS (Analysis of Moment Structure). Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek non-akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, aspek akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, aspek reputasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, aspek program pengajaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, aspek akses berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa.
Kata kunci: HEdPERF, Kepuasan, Loyalitas
Collections
- Management [4576]