Segmentasi Manfaat Telepon Seluler Pintar bagi Konsumen di Yogyakarta
Abstract
Penelitian empiris ini dimaksudkan untuk Untuk menyusun dan membentuk
segmentasi manfaat ponsel pintar bagi konsumen di Yogyakarta dan Untuk
menjelaskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan segmentasi manfaat
ponsel pintar bagi konsumen di Yogyakarta
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna smartphone. Jumlah
sampel adalah 96 responden, dan hal ini sudah dianggap mewakili populasi yang
akan diteliti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode
purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Cluster.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat tiga cluster dari manfaat
smartphone yang dapat dirangkum dalam dua segmentasi manfaat yaitu utilitarian
dan hedonis. Strategi pemasaran segmen Manfaat Utilitarian, adalah produsen
harus lebih berinovasi dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini agar mereka
dapat menciptakan ponsel-pensel yang dapat memberikan kegunaan (utility) lebih
pada konsumen sedangkan segmen Manfaat Hedonis, maka perusahaan sebaiknya
memasarkan produk sesuai dengan segi emosi dari pelanggannya dan terus
mengamati apa yang sedang trend di masyarakat, karena masyarakat biasanya
hanya berganti ponsel karena mengikuti trend yang ada agar dapat mengikuti
kelompok sosial tersebut..
.
Kata kunci : Segmentasi manfaat, analisis cluster
Collections
- Management [4550]