The Impact Of Celebrity Endorsement On Consumer Attitudes In Yogyakarta
Abstract
Penggunaan dukungan selebriti pada iklan e-commerce merupakan implementasi strategi
pemasaran yang baru di Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui factorfaktor
yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan e-commerce. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji hubungan antara daya tarik selebriti, kredibilitas, keserasian
dengan merek, dan sikap konsumen terhadap iklan dan merek.
Penelitian ini dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Data diambil dari
230 reponden dengan bentuk kuesioner menggunakan tiga iklan produk e-commerce yang
berbeda. Data dianalisis menggunakan AMOS 21 dan pengujian hipotesa dengan
menggunakan analisa Structural Equation Modeling (SEM). Variabel independen yakni
sikap konsumen terhadap iklan dan sikap konsumen terhadap merek diuji dengan variabel
independen yakni daya tarik, kredibilitas, keserasian selebriti/merek. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dukungan selebriti mempunyai pengaruh positif pada sikap
konsumen terhadap iklan dan merek. Bahkan penemuan ini menyarankan beberapa
elemen dukungan selebriti yang seharusnya menjadi pertimbangan para pengiklan ecommerce
untuk merekrut selebriti terbaik yang serasi dengan iklan mereka.
Keyword: Dukungan Selebriti, Daya Tarik, Kredibilitas, Keserasian Selebriti dan
Merek, Sikap Konsumen
Collections
- Management [4552]