Studi Efek Stimuli Meaningfulness Iklan Dalam Verbal Learning: Implikasinya Pada Pengulangan Iklan Dan Memori Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi UII
Abstract
Penelitian ini mengambil judul “Studi Efek Stimuli Meaningfulness Iklan Dalam Verbal Learning: Implikasinya Pada Pengulangan Iklan Dan Memori Konsumen”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan efektivitas pengulangan iklan yang memuat meaningful stimuli dengan Meaningless stimuli. Hasil pengujian ini diharapkan dapat mengungkapkan adanya hubungan antara pengulangan stimuli meaningful dan meaningless terhadap memori konsumen serta kuat tidaknya hubungan itu. Objek uji di dalam penelitian ini menggunakan iklan produk sabun dengan merek LUX Beauty edisi Dian Sasto dan iklan pembersih pakaian merek Attack color seri attack dengan pelembut yang dijadikan satu.
Penelitian ini bersifat eksperimen dengan menggunakan variabel independen yaitu Meaningful stimuli dan meaningless stimuli serta juga menggunakan variabel dependen yaitu attention, rehearsal, reconstruction dan retreival. Variabel meaningful stimuli diukur dengan menggunakan indikator apakah merek tersebut membawa informasi dari produknya dan mengenalkan kelas kategori produk kemudian variabel meaningless stimuli diukur dengan menggunakan indikator apakah merek tersebut tidak atau kurang membawa informasi dari produknya. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket kuisioner dan disebarkan di dalam kelompok responden yang diteliti. Wilayah penelitian ini mencakup wilayah yogyakarta dengan responden yang di pilih secara acak dan dibentuk menjadi satu kelompok.
Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji non-independen sample uji T.
Keyword: repetisi iklan, stimuli meaningfulness, memori konsumen
Collections
- Management [4534]