Pengaruh Citra Apotek K24 Gejayan Terhadap Loyalitas Konsumen Di Sleman
Abstract
Setya budi (2007). Pengaruh Citra Apotek K24 Geayan Terhadap Loyalitas
Konsumen di Sleman.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penaruh secara parsial, simultan
dan mengetahui dimensi yang paling dominan dari Citra Apotek K24 di Sleman
yang terdiri lingkungan fisik, harga barang, pelayaan dan kualitas barang terhadap
loyalitas konsumen. Subyek yang digunakan adalah konsumen apotek K24
Gejayan.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang
terdiri atas skala lingkungan fisik, Skala arga barang, skala pelayanan, skala
kualias barang dan skala loyalitas konsumen. Setela dilikukan uji coba alat ukur
diperoleh 4 aiem valid skala lingkungan fisik, 5 aitem valid harga barang, 4 aitem
valid skala peleyanan, 5 aitem skala kualitas barang dan 2 aitem valid loyalitas
konsumen. Reliabilitas skala lingkungan fisik 0,8392, skala harga barang 0,8322,
skala pelayanan 0,8632, skala kualitas barang 0,8157 dan skala loyalitas
konsumen 0,6319. Hal ini berarti kelima skala reliabel.
Hasil uji hitung F sebesar 41,310 lebih besar dari tabel F 2,4675, maka dapat
disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa variael lingkungan
fisik, harga barang, peayanan dan kualitas barang secara bersama-sama
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen di Apotek K24
Geayan. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,635 maka dapat diartikan bahwa
63,5% loyalitas konsumen dipengaruhi secara parsial keempat variabel bebas.
Hasil koefisien beta lingkungan fisik 0,183, harga barang 0,417, pelayanan 0,228
dan kualitas barang 0,224, ini berarti variabel yang paling dominan adalah
variabel harga barang.
Kata kunci : linkungan fisik, harga barang, pelayanan, kualitas barang dan
loyalitas konsumen Apotek K24 Gejayan.
Collections
- Management [4560]