Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Audio Mobil Audiobit Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang
erdiri dari variabel Jaminan, Bukti Langsung, Kehandalan, Empati, dan Daya Tangkap
terhadap tingkat kepuasan konsumen bengkel audio mobil Audiobit Jl. Nusa Indah No.
58 Condongcatur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan April
2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian survei. Subjek penelitian ini
adalah konsumen bengkel audio mobil Audiobit Jl. Nusa Indah No. 58 Condongcatur
Yogyakarta yang berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan yang
terdiri dari Jaminan, Bukti Langsung, Kehandalan, Empati, dan Daya Tangkap
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen tinggi dapat dibuktikan secara
langsung dengan kebersediaan konsumen mengeluarkan biaya tinggi untuk
mendapatkan atribut dan pelayanan dengan kualitas tinggi, Tingkat kepuasan
konsumen pada kualitas pelayanan ditinjau dari semua aspek termasuk ke dalam tingkat
kepuasan pelanggan yang masuk dalam kategori puas dengan indeks kepuasan sebesar
80%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pihak yang berkepentingan,
yaitu bengkel audio mobil Audiobit dalam mempertimbangkan faktor-faktor yang akan
meningkatkan kepuasan konsumen melalui pelatihan karyawan dan pengembangan sistem
informasi.
Collections
- Management [4527]