Determinan Minat Beli Konsumen Muslim di Restoran Sertifikat Halal Solaria
Abstract
Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Indonesia sebagai
salah satu negara yang terkenal akan kulinernya karena rempah-rempahnya
menjadikan para pengusaha berlomba-lomba untuk menyediakan jasa restoran.
Berbagain cara pun dilakukan demi menarik konsumen agar menggunakan jasa
yang disediakan oleh para pengusaha. Hal tersebut mengharuskan para pengusaha
untuk merancang strategi dalam menarik minat beli konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinasi minat beli
konsumen muslim di Restroran bersetifikasi halal Solaria. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penduduk Yogyakarta yang berada di usia produktif.
Data dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner
daring kepada 300 responden.
Data Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel
kesadaran halal, religiusitas, promosi iklan dan minat beli. Variabel-variabel
tersebut membentuk 3 hipotesis. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya
pengaruh positif dan signifikan variabel kesadaran halal dan promosi iklan dalam
memengaruhi minat beli konsumen serta adanya pengaruh positif namun tidak
signifikan variabel religiusitas terhadap minat beli konsumen.
Collections
- Management [4543]