dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keahlian terhadap model
iklan, kepercayaan terhadap model iklan, ketertarikan terhadap model iklan, dan
kepercayaan terhadap iklan secara bersama-sama dan secara parsial terhadap minat
beli konsumen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel
apa yang peling berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini
memfokuskan pada pengaruh model iklan, bukan produknya.
Hipotesis yang dirumuskan adalah HI: keahlian terhadap model iklan,
kepercayaan terhadap model iklan, ketertarikan terhadap model iklan, dan
kepercayaan terhadap iklan secara bersama-sama dan secara parsial berpengaruh
positif terhadap minat beli konsumen. H2 dirumuskan sebagai variabel keahlian
model iklan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap minat beli
konsumen. Hipotesis akan diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Penelitian ini mengambil 100 responden yang terdiri dari warga masyarakat
DIY yang telah berusia 17 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran
kuesioner dengan teknik non probability sampling dengan metoda purposive
sampling.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel independen (dalam hal ini
terdiri atas keahlian terhadap model iklan, kepercayaan terhadap model iklan,
ketertarikan terhadap model iklan, dan kepercayaan terhadap iklan) secara bersamasama
berpengaruh terhadap variabel dependen (minat beli konsumen). Hal ini
ditunjukkan dengan nilai sig <a (0,05), namun variabel kepercayaan terhadap model
iklan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Selain itu nilai
koefisien determinasi (R2) menunjukkan 0,533 hal ini berarti 53,3% variabel minat
beli konsumen dipengaruhi oleh keahlian model iklan, kepercayaan terhadap model
iklan, ketertarikan terhadap model iklan, dan kepercayaan terhadap iklan. | en_US |