Pengaruh Pengalaman Merek, Kepuasan dan Kepercayaan Merek Dalam Membangun Loyalitas Merek : Penelitian Empiris Pada Merek Samsung
Abstract
Dalam dinamika persaingan bisnis yang semakin ketat belakangan ini, loyalitas pelanggan terhadap merek menjadi salah satu kunci utama keunggulan bersaing. Perusahaan berlomba-lomba menyusun program loyalitas pelanggan agar selalu menjadi pilihan pertama bagi konsumennya. Pengalaman konsumen terhadap merek, kepuasan konsumen serta kepercayaan konsumen terhadap merek menjadi faktor utama dalam membangun loyalitas konsumen terhadap merek. Dimana jika eskpektasi konsumen terpenuhi oleh ketiga hal tersebut, konsumen akan cenderung loyal dan menjadi pelanggan setia terhadap suatu merek.
Responden penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung di Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 230 responden dengan teknik convinience sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program Lisrel 8.80.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman merek memiliki efek positif yang signifikan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Merek konsumen. Namun, Pengalaman Merek, Kepuasan dan Kepercayaan Merek tidak memiliki efek positif yang signifikan terhadap Loyalitas Merek.
Keterbatasan penelitian ini antara lain adanya proses subjektif, dikarenakan pengalaman merek, kepuasan konsumen, kepercayaan terhadap merek dan loyalitas konsumen terhadap merek merupakan konstruksi yang dirasakan per individu. Mengingat penelitian ini tidak dilakukan pada kategori tertentu, maka hasil penelitian ini bersifat umum dan belum tentu dapat mewakili seluruh pengguna smartphone Samsung di Yogyakarta. Selain itu penelitian ini hanya dilakukan satu kali dengan satu individu yang berbeda, sehingga ada kemungkinan konsumen menjawab berdasarkan hasil evaluasi terakhir mereka dalam menggunakan smartphone Samsung bukan berdasarkan persepsi mereka secara keseluruhan.
Collections
- Management [4524]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...