Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Merek Eiger (Dengan Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Sebagai Pemediasi)
Abstract
Dengan adanya persaingan ketat di pasaran saat ini, memiliki citra merek yang baik dan dikenal dapat mendukung merek untuk menciptakan keunikan di pasar (Aaker, 1996). Pentingnya mengelola sebuah merek yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatan kekuatan merek. Pengaruh globalisasi dan usaha media periklanan membuat beberapa merek asing populer di Negara-negara Asia (Chada dan Husband, 2006). Membangun ekuitas merek menjadi pembeda yang sangat penting dalam membangun kesadaran merek dan sikap merek.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari dimensi ekuitas merek, yaitu kesadaran merek dan citra merek terhadap minat beli ulang konsumen pada merek produk outdoor (Eiger) dengan persepsi kualitas dan loyalitas merek sebagai pemediasi pada konsumen mahasiswa di Yogyakarta. Responden pada penelitian ini berjumlah 300 responden dengan menggunakan metode pengumpulan sampel non-probability sampling dan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh secara langsung dari responden dengan mengisi sebuah kuesioner online melalui link google form dan kuesioner yang diedarkan secara langsung kepada responden mahasiswa/ mahasiswi di Yogyakarta. Data kuesioner diolah dengan alat Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan software SPSS Ver 20. Hasil dari analisis menunjukkan pengaruh kesadaran merek terhadap minat beli ulang, pengaruh citra merek terhadap minat beli, pengaruh persepsi kualitas terhadap minat beli ulang, dan pengaruh loyalitas merek terhadap minat beli ulang.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...