Show simple item record

dc.contributor.advisorAlbari
dc.contributor.authorDermaningtyas Rida Puspita
dc.date.accessioned2021-02-24T08:54:13Z
dc.date.available2021-02-24T08:54:13Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27257
dc.description.abstractAsosiasi merek adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ingatan mengenai sebuah merek. Asosiasi merek dapat menciptakan suatu nilai bagi perusahaan dan para pelanggan, karena itu dapat mem bantu proses penyusunan in formasi untuk mem bedakan merek satu dengan yang lain. Manfaat asosiasi merek bagi perusahaan terutama untuk pengam bilan keput usan dan perl uasan merek produknya, sedangkan bagi konsu men sebagai dasar dalam pemi l ihan merek. Dengan menggunakan 166 responden untuk masing-masing merek minuma n isotonik Pocari Sweat, Powerade isotonik, atau Vita Zone yang ada di Kota Yogyakarta, peneliti mencoba mengidentifikasi atrbut yang bisa dijadi kan asosiasi pada masing-masi ng merek mi numan isotonik dan menentukan ada tidaknya perbedaan asosiasi merek berdasarkan karakteristik konsumen. Sampel yang digunakan adalah konsumen yang pernah membeli atu mengkonsumsi produk minuman isotoni k merek Pocari Sweat, Powerade isotonik, atau Vita Zone yang ada d i Kota Yogyakarta dengan teknik convenience sampling yakni peneliti bebas memi l i h siapa saja konsumen minuman isotonik merek tersebut di atas yang mudah ditem ui keti ka melak ukan aktivtas berolah raga. Data diambil dengan menggunakan angket, angket pertama disebarkan pada 30 responden yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang segala sesuatu yang melekat pada suatu merek minuman isotonik. Selanjutnya angket kedua disebarkan pada masing-masing responden minuman isotonik sejumlah 166 responden. Penelitian menggunakan metode Cochran dan Chi Square dengan SPSS versi 1 1 .5. Hasil pengujian Cochran dengan taraf signifikansi 1 % d iperoleh hasil bahwa ada 5 asosiasi yang dapat d imanfaatkan untuk men ingkatkan brand image pada merek Pocari Sweat (m inuman yang dapat menggantikan cairan tubuh, minuman yang dapat menyegarkan tubuh,m inuman mudah didapat,minuman yang praktis bisa dibawa kemana-mana, dan m inu man yang halal dikonsumsi), sementara Powerade Isotonik dan Vita Zone masi ng-masing sebanyak 4 (minuman yang dapat menyegarkan tubuh, minuman mudah didapat,min uman yang praktis bisa dibawa kemana-mana, dan m inuman yang halal dikonsumsi) dan 6 asosiasi (minuman yang dapat menyegarkan tubuh, minu man yang mengand ung vitam i n, mi numan yang teruji secara kli nis, m i numa n mudah dida pat, m i n uma n yang prakt is bisa diba wa kemana-mana, dan minuman yang halal dikonsumsi). Sedangkan hasi l pengujian Chi Square yang bertujuan untuk menentukan ada tidaknya pcrbedaan asosiasi merek yang telah d iperoleh dari hasi l Cochran berdasarkan karakteristik konsu men didapat hasil bahwa kelom pok konsumen Pocari sweat dengan usia antara 20 s/d 30 tahun dan pekerjaan sebagai pclajar/ mahasiswa cenderung menyatakan ba hwa Pocari sweat adalah m inu man mudah didapat. Sementara pada Powerade Isotonik dan Vita Zone tidak ada pem bedaan perlak uan terutama untuk karakteristik konsumen atas dasar gender, usia, pekerjaan, dan frekuensi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEkuitas mereken_US
dc.subjectcitra mereken_US
dc.subjectasosiasi mereken_US
dc.titleAnalisis Asosiasi Merek Minuman Isotonik Merek Pocari Sweat, Powerade Isotonik atau Vita Zone di Kota Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM03311225


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record