Analisis Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan (Studi pada Perusahaan Penerbangan Lion Air)
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian
suatu barang atau jasa. Penelitian ini mencoba menelaah hubungan antara faktor
Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, Kemudahan Mendapatkan Pelayanan, dan Reputasi
Perusahaan dengan Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan Lion
Air.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para penumpang
pesawat Lion Air untuk penerbangan Jakarta-Yogyakarta, yang berjumlah 100
responden. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan studi pustaka.
Sedangkan untuk analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik
korelasi product moment dan regresi sederhana.
Berdasarkan temuan di lapangan dan analisis data, hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa: 1). Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan
dipengaruhi oleh variabel Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, Kemudahan dalam
Mendapatkan Pelayanan, dan Reputasi perusahaan penerbangan yang bersangkutan.
2). Besarnya pengaruh secara bersama-sama Harga Tiket, Kualitas Pelayanan,
Kemudahan Mendapatkan Pelayanan, dan Reputasi Perusahaan terhadap Keputusan
Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan Lion Air tersebut adalah 75%, dan
sisanya sebesar 25% dipengaruhi oleh faktor lain. 3). Hubungan antara Harga Tiket
dengan Keputusan Memilih Jasa Penerbangan Lion Air adalah kuat, artinya semakin
murah atau terjangkau harga tiket Lion Air akan menyebabkan semakin banyak
konsumen memutuskan untuk membeli tiket atau menggunakan jasa Lion Air. 4).
Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Keputusan Memilih Jasa Penerbangan
Lion Air adalah kuat, artinya semakin bagus pelayanan yang diberikan oleh Lion Air
akan menyebabkan semakin banyak konsumen memutuskan untuk menggunakan
jasa penerbangannya. 5). Hubungan antara Kemudahan Mendapatkan Pelayanan
dengan Keputusan Memilih Jasa Penerbangan Lion Air adalah kuat, artinya semakin
mudah konsumen mendapatkan pelayanan dari Lion Air akan menyebabkan semakin
banyak konsumen memutuskan untuk mengguanakan jasa penerbangannya. 6).
Hubungan antara Reputasi Perusahaan dengan Keputusan Memilih Jasa Penerbangan
Lion Air adalah sedang, artinya semakin bagus reputasi perusahaan Lion Air di mata
masyarakat akan menyebabkan semakin banyak konsumen memutuskan untuk
menggunakan jasa penerbangannya. 7). Dari keempat variabel yang mempengaruhi
keputusan dalam memilih jasa penerbangan Lion Air, secara berurutan dan yang
paling kuat hingga yang paling lemah, adalah: (1) Kemudahan Mendapatkan
Pelayanan; (2) Harga Tiket; (3) Reputasi Perusahaan; (4) Kualitas Pelayanan.
Kata kunci: Kemudahan Mendapatkan Pelayanan, Harga tiket, Reputasi
Perusahaan, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Konsumen Memilih
Jasa Penerbangan Lion Air.
Collections
- Management [4527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan (Studi pada Perusahaan Penerbangan Lion Air)
Pusparani, Aties Randu (UII Yogyakarta, 2005)Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian suatu barang atau jasa. Penelitian ini mencoba menelaah hubungan antara faktor Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, Kemudahan Mendapatkan Pelayanan, dan ... -
Hubungan Atribut Produk dengan Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Pelayanan Penerbangan dengan Lion Air (Studi Kasus Penerbangan Yogyakarta-Jakarta)
Muhammad Riza R Aziz, 98311456 (Universitas Islam Indonesia, 2004) -
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENERBANGAN YANG MENIMBULKAN WORD OF MOUTH PENUMPANG PADA MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR
Denata Enggar Wibowo, 10311114 (Universitas Islam Indonesia, 2014-07-08)Populasi yang digunakan dari penelitian ini adalah penumpang yang pernah terbang menggunakan maskapai Lion Air , Sampel yang digunakan adalah convenience sampling, jumlah sampel yang akan diteliti adalah 100 orang ...