Analisis Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan (Studi pada Perusahaan Penerbangan Lion Air)
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian
suatu barang atau jasa. Penelitian ini mencoba menelaah hubungan antara faktor
Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, Kemudahan Mendapatkan Pelayanan, dan Reputasi
Perusahaan dengan Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan Lion
Air.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para penumpang
pesawat Lion Air untuk penerbangan Jakarta-Yogyakarta, yang berjumlah 100
responden. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan studi pustaka.
Sedangkan untuk analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis statistik
korelasi product moment dan regresi sederhana.
Berdasarkan temuan di lapangan dan analisis data, hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa: 1). Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan
dipengaruhi oleh variabel Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, Kemudahan dalam
Mendapatkan Pelayanan, dan Reputasi perusahaan penerbangan yang bersangkutan.
2). Besarnya pengaruh secara bersama-sama Harga Tiket, Kualitas Pelayanan,
Kemudahan Mendapatkan Pelayanan, dan Reputasi Perusahaan terhadap Keputusan
Konsumen dalam Memilih Jasa Penerbangan Lion Air tersebut adalah 75%, dan
sisanya sebesar 25% dipengaruhi oleh faktor lain. 3). Hubungan antara Harga Tiket
dengan Keputusan Memilih Jasa Penerbangan Lion Air adalah kuat, artinya semakin
murah atau terjangkau harga tiket Lion Air akan menyebabkan semakin banyak
konsumen memutuskan untuk membeli tiket atau menggunakan jasa Lion Air. 4).
Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Keputusan Memilih Jasa Penerbangan
Lion Air adalah kuat, artinya semakin bagus pelayanan yang diberikan oleh Lion Air
akan menyebabkan semakin banyak konsumen memutuskan untuk menggunakan
jasa penerbangannya. 5). Hubungan antara Kemudahan Mendapatkan Pelayanan
dengan Keputusan MemilihJasa Penerbangan LionAir adalah kuat, artinya semakin
mudah konsumen mendapatkan pelayanan dari Lion Air akan menyebabkan semakin
banyak konsumen memutuskan untuk mengguanakan jasa penerbangannya. 6).
Hubungan antara Reputasi Perusahaan dengan Keputusan Memilih Jasa Penerbangan
Lion Air adalah sedang, artinya semakinbagus reputasi perusahaan Lion Air di mata
masyarakat akan menyebabkan semakin banyak konsumen memutuskan untuk
menggunakan jasa penerbangannya. 7). Dari keempat variabel yang mempengaruhi
keputusan dalam memilih jasa penerbangan Lion Air, secara berurutan dan yang
paling kuat hingga yang paling lemah, adalah: (1) Kemudahan Mendapatkan
Pelayanan; (2) Harga Tiket; (3) Reputasi Perusahaan; (4) Kualitas Pelayanan.
Collections
- Management [4550]