WAJAH ISLAM DALAM IKLAN PERUMAHAN: (Representasi Islam dalam Iklan Banner Perumahan Damai Islamic Living Yogyakarta)
Abstract
Damai Islamic Living adalah komplek hunian Islami yang terintegrasi langsung dengan
Islamic Centre dan Masjid Raya yang berkapasitas 2000 jamaah. Selain dalam fasilitasnya
yang menawarkan konsep Islami, Damai Islamic Living pun menghadirkan konsep Islami
dalam Iklan banner yang diusungnya. Terdapat gambar, tanda, tulisan atau teks yang
bernuansa Islami. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut
mengenai representasi Islam dalam iklan banner Damai Islamic Living Yogyakarta. Dalam
penelitian ini, peneliti menjelaskan bagaimana identitas muslim ditampilkan dalam iklan
banner perumahan Damai Islamic Living.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif yang melakukan pengamatan
secara menyeluruh pada tanda-tanda iklan banner perumahan Damai Islamic Living.
Tinjauan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika menurut
Roland Barthes yaitu dengan melihat Denotasi, Konotasi dan Mitos dalam iklan banner
perumahan Damai Islamic Living Yogyakarta. Denotasi memiliki sifat tertutup yang
menghasilkan makna eksplisit, langsung, pasti serta objektif (makna yang disepakati secara
sosial dan merujuk pada realitas). Konotasi sifatnya terbuka, memiliki makna implisit,
tidak langsung, tidak pasti, sifatnya subyektif yang memungkinkan munculnya penafsiran
baru. Mitos dalam konteks ini tidak sama dengan mitos yang biasa dipahami masyarakat
sebagai cerita takhayul, tetapi sebagai perkembangan dari konotasi yang sudah terbentuk
lama di masyarakat.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama munculnya citra Islami sebagai mitos yang
diklasifikasikan menjadi lima bagian yaitu: Muslim Modern yang Akrab dengan Kitab
Suci, Muslim yang gemar olahraga sunnah berkuda, memanah, dan berenang, serta muslim
yang terpelajar dan modern. Kedua identitas muslim yang ditampilkan berupa muslim
Islam populer dan kelas menengah muslim. Ketiga jejaring bisnis Damai Islamic Living.
PT Damai Land selaku pengembang tidak konsisten menawarkan produknya dengan
konsep Islami.
Collections
- Communication [943]