Show simple item record

dc.contributor.advisorAli Minanto S.Sos., M.A.
dc.contributor.authorBilal Prama Rizki, 15321072
dc.date.accessioned2020-02-28T06:05:38Z
dc.date.available2020-02-28T06:05:38Z
dc.date.issued2019-09-20
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/18500
dc.description.abstractDamai Islamic Living adalah komplek hunian Islami yang terintegrasi langsung dengan Islamic Centre dan Masjid Raya yang berkapasitas 2000 jamaah. Selain dalam fasilitasnya yang menawarkan konsep Islami, Damai Islamic Living pun menghadirkan konsep Islami dalam Iklan banner yang diusungnya. Terdapat gambar, tanda, tulisan atau teks yang bernuansa Islami. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai representasi Islam dalam iklan banner Damai Islamic Living Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menjelaskan bagaimana identitas muslim ditampilkan dalam iklan banner perumahan Damai Islamic Living. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif yang melakukan pengamatan secara menyeluruh pada tanda-tanda iklan banner perumahan Damai Islamic Living. Tinjauan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika menurut Roland Barthes yaitu dengan melihat Denotasi, Konotasi dan Mitos dalam iklan banner perumahan Damai Islamic Living Yogyakarta. Denotasi memiliki sifat tertutup yang menghasilkan makna eksplisit, langsung, pasti serta objektif (makna yang disepakati secara sosial dan merujuk pada realitas). Konotasi sifatnya terbuka, memiliki makna implisit, tidak langsung, tidak pasti, sifatnya subyektif yang memungkinkan munculnya penafsiran baru. Mitos dalam konteks ini tidak sama dengan mitos yang biasa dipahami masyarakat sebagai cerita takhayul, tetapi sebagai perkembangan dari konotasi yang sudah terbentuk lama di masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah pertama munculnya citra Islami sebagai mitos yang diklasifikasikan menjadi lima bagian yaitu: Muslim Modern yang Akrab dengan Kitab Suci, Muslim yang gemar olahraga sunnah berkuda, memanah, dan berenang, serta muslim yang terpelajar dan modern. Kedua identitas muslim yang ditampilkan berupa muslim Islam populer dan kelas menengah muslim. Ketiga jejaring bisnis Damai Islamic Living. PT Damai Land selaku pengembang tidak konsisten menawarkan produknya dengan konsep Islami.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectsemiotiken_US
dc.subjectkelas menengah muslimen_US
dc.subjectiklan banner perumahanen_US
dc.titleWAJAH ISLAM DALAM IKLAN PERUMAHAN: (Representasi Islam dalam Iklan Banner Perumahan Damai Islamic Living Yogyakarta)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record