PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2017)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi manajemen laba pada perusahaan manufaktur sektor industri barang
konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam penelitian ini
manajemen laba diukur dengan menghitung Discretionary Accruals. Ukuran
perusahaan diukur dengan logaritma total assets, leverage diukur dengan debt on
assets ratio, dan umur perusahaan dihitung sejak perusahaan mulai berdiri.
Penelitian ini merupakan peneitian yang bersifat kuantitatif. Sumber data penelitian
ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan yang diperoleh
dari website Bursa Efek Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri
barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017.
Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling,
terdapat 35 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sampel yang dibutuhkan.
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linier berganda untuk
menguji pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan umur perusahaan terhadap
manajemen laba.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan metode analisis linier
berganda dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan variabel ukuran perusahaan,
leverage, dan umur perusahaan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh
terhadap manajemen laba. Dan secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa
ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.
Sedangkan leverage dan umur perusahaan berpengaruh positif siginifikan terhadap
manajemen laba.
Collections
- Akuntansi [4399]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...