Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat di Yogyakarta
Abstract
Salah satu media massa yang sejak dahulu hingga saat ini bertahan adalah Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat Surat kabar harian yang lahir atau terhit untuk pertama kalinya pada tanggal 27 September 1945 ini hingga saat ini terus bertahan walaupun dunia komunikasi Jan media massa terus berkembang. Surat kabar harian tertua di Indonesia yang berkantor pusat di Jalan Pangeran Mangkubumi No. 41-42 Yogyakarta ini telah banyak dikenal oleh masyarakat, terutama oleh masyarakat Yogyakarta. Harganya yang terjangkau, bahasanya yang lugas dan mudah dimengerti, informasinya yang beraneka ragam, serta keidentikannya dengan daerah asalnya yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan pertimbangan bagi masyarakat Yogyakarta sebagai konsumen maupun pelanggannya untuk membeli salah satu media cetak ini. Oleh sebab itu penulis rnelakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang memberikan pengaruh positif terhadap keputusan konsumcn dalam mcmbcli surat kabar tersebut. Dalam penelitian ini penulis mengungkap permasalahan tersebut dengan mcnggunakan pendekatan ilmu Perilaku Konsumen serta analisis Regresi Berganda dalam melakukan analisis scrta pcngolahan data yang diperoleh melalui responden, dalam hal ini pelanggan Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat yang diwawancarai maupun yang telah mengisi kuisioner. Dari hasil pengolahan data dapat diambil kcsimpulan bahwa faktor bahasa, harga, ragam informasi, dan ikatan emosional memberikan pengaruh yang positif terhadap kcputusan konsumen dalam membeli Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat. Selain itu dapat diketahui pula bahwa faktor Ragam Jnformasi rnerupakan faktor paling dominan yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam mcmbcli surat kabar tersebut.
Collections
- Management [4542]