Analisis Perbedaan Motivasi Konsumen dalam Membeli Pasta Gigi "Close -Up" Studi Kasus pada FE UII Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan bagaimana motivasi konsumen terhadap suatu produk. Perusahaan yang memahami konsep motivasi konsumen dalam melakukan pembelian, akan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan merasakan kepuasan terhadap produk yang ditawarkan sehingga konsumen menjadi pelanggan yang loyal.
Dalam penelitian ini, produk yang diteliti adalah pasta gigi Close - Up yang diproduksi oleh PT. Unilever.
Kuisioner digunakan sebagai data primer clan didukung oleh data sekunder yang diperlukan baik melalui literatur, jumal maupun website. Penelitian ini menggunakan analisis Chi Square, Analisis ini digunakan untuk menguji ada tidaknya perbedaan motivasi konsumen dalam membeli produk pasta gigi Close - Up menurut karakteristik rnereka.
Skala pengukuran yang digunakan adalah skala interval, dimana responden penelitian dapat menyatakan pendapat tentang pentingnya suatu obyek penelitian melalui interval atau selisih.
Penelitian ini menghasilkan bahwa motivasi tertinggi adalah konsumen yang bergender wanita, dengan tingkat uang saku yang diterima perbulannya antara Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 1.000.000.
Collections
- Management [4527]