POLA ASUH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI PANTI ASUHAN AL-HIKMAH CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Peneliti ingin mengetahui cara pengasuh dalam mendidik anak-anak
sehingga mereka bisa berprestasi, dari latar belakang anak asuh yang berbeda-beda
dengan sifat yang berbeda dengan keterbatasan fasilitas yang mereka milik namun
meraka dapat berprestasi sehingga pengasuh harus memiliki kesabaran dalam
membimbing anak-anak untuk dapat meningkatkan prestasi belajar, pola asuh yang
diterapkan di Panti Asuhan Al-Hikmah Cangkringan adalah dengan menggunakan
pendekatan kekeluargan, seperti bapak dengan anak, kaka dengan adik sehingga
terjalin layaknya sebuah keluarga tidak ada batasan antara keduanya, memakai pola
asuh demokratis. Kegiatan di Panti Asuhan sudah terlaksana dengan baik sesuai
jadwal yang ada. Serta bagaimana pola asuh yang telah diterapkan bagaimana peran
pengasuh dalam mendidik anak-anak di Panti .
Dalam penelitian ini merumuskan suatu masalah yaitu bagimana pola asuh
pengasuh dalam meningkatkan prestasi belajar anak asuh Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengasuh dan anak asuh
Panti Asuhan AL-Hikmah Cangkringan, pengumpulan data yang dilakukan dengan
menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengasuh sangat berperan penting
dalam meningkatkan prestasi belajar karena mereka turun tangan langsung untuk
mengawasi serta membimbing anak-anak dalam belajar, pengasuh dapat mengatasi
berbagai keterbatasan pengalaman yang dimiliki anak-anak, pengasuh juga dapat
membangkitkan semangat anak-anak dalam belajar karna pengasuh sangat
membantu mereka dalam belajar sehingga anak asuh senang denga adanya
pengasuh, serta pengasuh dapat berperan sebagai orang tua bagi anak-anak di Panti
Asuhan Al-Hikmah Cangkringan.
Collections
- Islamic Education [863]