IMPLEMENTASI TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF DALAM KURIKULUM 2013 KELAS X DI MAN 4 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena bahwa evaluasi yang terdiri dari 4
aspek yaitu: aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap dan aspek perilaku, yang
belum dilaksanakan secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan mengungkap 1) Bagaimana
Implementasi Teknik Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak pada ranah kognitif dan afektif
dalam Kurikulum 2013 Kelas X di MAN 4 Sleman, 2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi
di MAN 4 Sleman dalam Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Kurikulum 2013 Kelas
X pada ranah kognitif dan afektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif kualitatif.
Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode
analisis datanya menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data
dan verifikasi atau kesimpulan.
Temuan hasil penelitian yaitu: 1) Proses evaluasi ranah kognitif pada guru mata
pelajaran Aqidah Akhlak dilakukan melalui: a) perencanaan RPP; b) teknik yang digunakan
yaitu tes tertulis, tes lisan, penugasan dan portofolio; c) instrumen yang digunakan berbentuk
pilihan ganda, uraian, benar-salah, dan menjodohkan. Proses evaluasi ranah afektif mata
pelajaran Aqidah Akhlak dengan: a) perencanaan dalam RPP; b) tekniknya menggunakan
observasi instrumen yang digunakan pedoman pengamatan seperti melakukan sholat dhuha dan
sholat dhuhur dan pencatatan pada jurnal. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam Implementasi
teknik evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlak pada ranah kognitif dan afektif dalam kurikulum
2013 yaitu: a) guru kesulitan dalam mengembangkan instrumen terutama dalam membuat soal
tes; b) bagi sekolah yang melaksanakan pembelajaran Aqidah Akhlak masih kesulitan dalam
penentuan nilai akhir Aqidah Akhlak karena harus menggabungkan dengan nilai-nilai guru
yang lain.
Collections
- Islamic Education [862]