Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Nanang Nuryanto, Mpd
dc.contributor.authorNur Aini Istiqomah, 15422048
dc.date.accessioned2019-12-19T06:42:13Z
dc.date.available2019-12-19T06:42:13Z
dc.date.issued2019-09-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16753
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena bahwa evaluasi yang terdiri dari 4 aspek yaitu: aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap dan aspek perilaku, yang belum dilaksanakan secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan mengungkap 1) Bagaimana Implementasi Teknik Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak pada ranah kognitif dan afektif dalam Kurikulum 2013 Kelas X di MAN 4 Sleman, 2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi di MAN 4 Sleman dalam Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Kurikulum 2013 Kelas X pada ranah kognitif dan afektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Temuan hasil penelitian yaitu: 1) Proses evaluasi ranah kognitif pada guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dilakukan melalui: a) perencanaan RPP; b) teknik yang digunakan yaitu tes tertulis, tes lisan, penugasan dan portofolio; c) instrumen yang digunakan berbentuk pilihan ganda, uraian, benar-salah, dan menjodohkan. Proses evaluasi ranah afektif mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan: a) perencanaan dalam RPP; b) tekniknya menggunakan observasi instrumen yang digunakan pedoman pengamatan seperti melakukan sholat dhuha dan sholat dhuhur dan pencatatan pada jurnal. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam Implementasi teknik evaluasi pembelajaran Aqidah Akhlak pada ranah kognitif dan afektif dalam kurikulum 2013 yaitu: a) guru kesulitan dalam mengembangkan instrumen terutama dalam membuat soal tes; b) bagi sekolah yang melaksanakan pembelajaran Aqidah Akhlak masih kesulitan dalam penentuan nilai akhir Aqidah Akhlak karena harus menggabungkan dengan nilai-nilai guru yang lain.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectEvaluasi Pembelajaranen_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.titleIMPLEMENTASI TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF DALAM KURIKULUM 2013 KELAS X DI MAN 4 SLEMANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record