STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA ETHIKOPIA COFFEEBAY DAN SANGRAI KEDAI KOPI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran pada
Ethikopia Coffeebay dan Sangrai Kedai Kopi dalam menarik minat pengunjung Dikarenakan
pada akhirnya penikmat kopi akan terus mencari tempat dan coffeeshop yang nyaman untuk
dikunjungi dan hal ini dapat mereka ketahui dari adanya komunikasi yang dilakukan oleh
pelaku bisnis tersebut. Rumusan masalah di ajukan yaitu : bagaimana strategi komunikasi
pemasaran pada Ethikopia Coffeebay dan Sangrai Kedai Kopi dalam menarik minat
pengunjung?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan
data untuk penelitian ini melalui wawancara mendalam dan observasi. Analisis data pada
penelitian kualitatif pada umumnya meliputi reduksi data dan interpretasi data. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa Ethikopia Coffeebay dan Sangrai Kedai Kopi menggunakan strategi
komunikasi pemasaran yang sama yaitu strategi komunikasi tarik (pull communication
strategy). Ethikopia Coffeebay dan Sangrai Kedai Kopi tidak memiliki aktor atau petugas
secara khsusus yang bertanggung jawab terhadap tindakan promosi. Melainkan, semua tim
yang tergabung dalam Ethikopia Coffeebay bertugas terhadap tindakan promosi. Hal yang
sama juga terjadi pada Sangrai Kedai Kopi. Selain melakukan penentuan segmentation,
targetting dan positioning, Ethikopia Coffeebay dan Sangrai Kedai Kopi juga melakukan riset.
Pada proses tindakan promosi yang dilakukan Ethikopia Coffeebay dan Sagrai Kedai Kopi
terdapat faktor penghambat dan pendukung. Fator pendukung dan penghambat pada keduanya
relatif sama, yaitu petugas yang bertanggung jawab pada tindakan promosi tersebut dan
kekhawatiran akan over budget
Collections
- Communication [943]