Evaluasi Kinerja PDAM Sleman Di Bidang Operasi Dan Pelayanan Pada Ibukota Kecamatan Prambanan, Kalasan, Ngemplak, Bimomartani, Condong Catur, Dan Depok
Abstract
PDAM Sleman memiliki 4 cabang wilayah di Kabupaten Sleman yaitu Cabang
Wilayah Timur, Barat, Tengah, dan Depok. Wilayah yang menjadi tempat penelitian adalah
Cabang Wilayah Timur. Cabang Wilayah Timur terdiri dari 6 unit kantor PDAM Sleman
yaitu Unit Ngemplak, Bimomartani, Prambanan, Kalasan, Condong Catur dan Cabang
Depok. Di setiap PDAM di Indonesia memiliki skor yang dinilai oleh Badan Penyelanggaran
Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum masing-masing dalam berbagai aspek
terutama aspek operasional dan aspek pelayanan. Kedua aspek ini mendapat nilai yang cukup
bagus akan tetapi di beberapa indikator kinerjanya yang ada di dalam aspek operasional dan
aspek pelayanan masih ada nilai yang masih kurang dari 3. Nilai < 3 masih termasuk dalam
kategori rendah. Sehingga perlunya identifikasi permasalahan dalam setiap indikatornya.
Pengeidentifikasian permasalahan dilakukan di setiap 6 unit Cabang Wilayah Timur. Metode
yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendeskripsisan melalui
fakta dan data sekunder yang ada dari subjek penelitian yang difokuskan pada permasalahan
di setiap indikator kinerja. Yang menjadi masalah utama adalah ada beberapa indikasi yang
menyebabkan nilai skor dari indikator kinerja menjadi rendah seperti kualitas air pelanggan
yang ada disetiap unit memiliki masalah yang sama yaitu kadar Fe dan Mn yang sama. Oleh
karena itu, perlu adanya solusi alternatif untuk pemecahan masalah.
Collections
- Environmental Engineering [1430]