ANALISIS PENGARUH KARAKTERITSIK BISNIS STARTUP TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI
Abstract
Perusahaan startup berkembang sangat cepat hingga membuat industri bisnis semakin maju, canggih, dan beragam. Ide-ide kreatif yang berasal dari anak-anak muda ini membuat maraknya jumlah startup di Indonesia. Startup dinilai mempunyai potensi bisnis yang baik, oleh karenanya kondisi ini mendorong para investor-investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan startup ini. Investor ini dapat berupa dari lembaga institusional dan para individu. Individu yang menanamkan dananya pada perusahaan startup disebut dengan business angel atau angel investor. Dalam konteks ini untuk membuat sebuah keputusan investasi, ada beberapa hal yang perlu yang pertimbangkan untuk menilai apakah investasi tersebut layak atau tidak. Didasari hal tersebut tujuan dari penelitian ini untuk melihat business angel menilai karakteristik bisnis startup yang dimiliki untuk membuat sebuah keputusan investasi. Terdapat tiga karakteristik yang digunakan, yaitu karakteristik pendiri, karakteristik produk, karakteristik pasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada investor startup yang berdomisili di Yogyakarta dengan jumlah sampel 100. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh karakteristik pendiri, karakteristik pendiri, karakterisik pasar terhadap keputusan investasi business angel.
Collections
- Management [4545]